Anak Anda Bermasalah?




Dalam situs servoclinic.com menguraikan 7 ciri anak yang bermasalah seperti :

1. Menarik diri, anak menutup diri dan enggan menjawab jika ditanya, enggan bermain dengan teman lainnya dan suka menyendiri, sering mengurung diri di kamar.
2. Susah di atur, bertindak semaunya sendiri dan sulit diajak bekerja-sama, merasa benar dan ingin menang sendiri, jika kemauannya tidak dituruti mudah tersinggung, mudah marah dan terkadang disertai perilaku agresif.
3. Bersikap negatif, suka mengeritik dan sulit menghargai pendapat orang lain, bersikap sinis dan sering mencela, penuh kecurigaan dan suka menyalahkan orang lain.
4. Cari perhatian, suka menjadi pusat perhatian, bicara terlalu banyak, mementingkan tampilan fisik, tampil berlebihan, sangat demonstratif, bersikap sok jago. 
5. Suka cari alasan, suka membantah, yang penting asal beda dan jika perlu berbohong.
6. Peragu, suka berubah pendirian, tidak percaya diri dan sulit mengambil keputusan.
7. Menghindari tanggung jawab, sulit bangun tidur sendiri, suka menunda pekerjaan, tidak menepati janji.

Sebagai orang tua perlu menyadari bahwa anak menjadi karakter sekarang ini adalah bentuk pola asuh seperti yang diutarakan pada situs ini. "Tidak ada seorang anak yang tiba-tiba langsung besar dan bermasalah, kecuali didahului oleh proses buruk sebelumnya seperti pola asuh atau pendidikan yang salah, tidak adanya keteladanan/peran dari orang tua, konflik orang tua yang kronis serta pengalaman buruk dimasa lalu seperti trauma kekerasan dalam rumah tangga, kehilangan orang yang dicintai, bercerai, dsb". Disini, peran orang tua sangatlah penting. Pembentukan karakter seorang anak dimulai dari dia lahir, remaja dan dewasa. 

Menurut situs Timothy Wibowo, Keluarga, adalah faktor penting dalam pendidikan seorang anak. Dimana sebagian sampai usia 18 tahun anak-anak di Indonesia menghabiskan waktunya 60-80 % bersama keluarga. Sampai usia 18 tahun masih membutuhkan orangtua dan kehangatan dalam keluarga. Sukses seorang manusia tidak lepas dari “kehangatan dalam keluarga”. 

Bagaimana dengan usia 7 tahun kebawah? Ada apa pada usia ini? Pada masa ini kebanyakan (85%) letak masalah atau asal muasal masalah / hambatan seorang manusia tercipta. Istilah kerennya Mental Block. Dan biasanya akan terasa pada usia 22 tahun ke atas. Mental Block seperti program yang seakan-akan dipersiapkan (karena ketidak sengajaan dan ketidak tahuan orangtua kita) untuk menghambat berbagai macam aspek dalam kehidupan kita. Aspek itu bisa berupa Karier (takut kaya, takut jabatan tinggi) kesehatan (tubuh gemuk, alergi) Relationship (tidak gampang cocok dengan pasangan/teman, paranoid) dan lain hal, serta masih banyak lagi.

Ada apa dengan 7 tahun kebawah dan disekitar 7 tahun pertama kehidupan manusia? Pada masa ini kita membutuhkan, kebutuhan dasar Emosi yang harus terpenuhi, ingat HARUS terpenuhi. Jika pada masa ini lewat dan tidak terpenuhi  maka, akan terjadi Mental Block pada diri anak tersebut. Inilah asal muasal dimana Mental Block terbentuk. Karena tidak terpenuhinya kebutuhan dasar Emosi yang dibutuhkan seorang manusia. Kebutuhan apa yang dibutuhkan pada anak seusia itu? Sehingga fatal akibatnya (pada masa dewasa anak tersebut) jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi

Ada 3 kebutuhan yang harus dipenuhi pada anak usia 0 – 7 tahun bahkan lebih, inilah asal muasal Mental Block yang sering kali terjadi atau terasa sangat menganggu pada saat anak tersebut dewasa. Yaitu :
1. Kebutuhan akan rasa aman
2. Kebutuhan untuk mengontrol
3. Kebutuhan untuk diterima

3 kebutuhan dasar emosi tersebut harus terpenuhi agar kita menjadi pribadi yang handal dan cerdas dalam menghadapi hidup. 

@fialuthfi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar