Karimun Island, Taman Nasional di Kabupaten Jepara


Pernah dengar pulau Karimunjawa teman teman ?? atau bahkan udah ada yang pernah kesana ??
Nah.. buat yang belum pernah kesana atau bahkan belum mengenal pulai kecil nan eksotis ini, waymagz punya sedikit cerita nih, sedikit review berwisata ala backpacker di Pulau Karimun Jawa :)

Pulau Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare. Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijauTumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah. Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus.




Sebelumnya, waymagz mau ngingetin nih, buat itinerary perjalanan sekitar 4 hari.
Perjalanan waymagz dimulai dari kota Surabaya ( karna penulis domisili di Surabaya ), waymagz memilih menggunakan transportasi umum, yaitu bus Indonesia yang berangkat sekitar jam 8 malam dari terminal Bungurasih/Purabaya. Harge tiket bis sekitar 65ribu dan udah bonus makan ditengah perjalanan.

Waymagz tiba di terminal Jepara tepat 3.30wib, kemudian naik bentor ( becak motor ) menuju Pelabuhan Kartini. Biaya bentor sekitar 10ribu setelah tawar menawar khas ibu - ibu. hahaha.. Dari Pelabuhan Pantai Kartini Jepara, terdapat Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali. Lama penyeberangan kapal ekonomi ini +/- 6 jam pelayaran dengan biaya tiket 28ribu. Lumayan Lama dan agak sedikit bikin mabok laut sih, tapi KMP ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa di upgrade, ada kamar yang bisa di isi sampe 8 orang-an dengan biaya sekita 150ribu-an, kamarnya cuman ada kasur lho! tanpa tv ato ac. Terus juga ada ruang VIP, disini kursinya empuk dengan ac + tv + kamar mandi, biaya upgrade sekitar 50ribu-an, kalau penumpang sedikit, lumayan bisa selonjoran, hihihi. ada juga penyewaan kasur seharga 10ribu.



Penampakan KMP. Muria di Pelabuhan Pantai Kartini

Setelah terombang - ambing dilautan lepas selama +/- 6jam, akhirnya waymagz sampai juga di Pelabuhan Karimunjawa. Ssssttt.... di Kepulauan ini, yang berpenghuni cuman 5 pulau lho, yakni Pulau Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting.



Pelabuhan Pulau Karimunjawa

Di Pulau ini terdapat beberapa pilihan penginapan, buat yang punya budget lebih, bisa nginap di hotel - hotel yang tersedia di sini, salah satu hotel yang punya pantai pribadi adalah Nirvana Inn, dengan room rate, yakni :


1.      Business room            : Rp. 650.000/room/night ( bisnis room sharing bathroom )
2.      Executive room           : Rp. 750.000/room/night ( executive room inside bathroom )
3.      Suite room sea view   : Rp. 1.540.000/room/night/**
4.      Master suite                : Rp. 1.900.000/night/**



Nirvana laut private tropical hotel resort

Nah, buat yang pengen low-cost, homestay is best choice, hihihi..Budget sekitar 200 - 350 ribu per homestay/night. tapi biasanya sih, di homestay kagak ada ac, jadi cuma ada tv. (sorry no picture, penulis bener - bener lupa buat moto, hikss..)


Buat makan, don't worry lah yaaah. Di hotel sudah lengkap tuh menunya, sedangkan di homestay, bisa minta masakin sama yang punya homestay. Soal hargaa.... hhhmmm..... tergantung menu dan kekuatan tawar menawar dari kitanya. Alhamdulillah... selain seafood, ada ayam goreng juga koq :D


Transport, penginapan dan makan udah. Now, lets talk about the activities there, hihi...


Day 1

- Perjalanan ke Kariunjawa
- Acara bebas 

Day 2

- Jam 8 pagi udah ready to go dengan kapal sewaan + kapten biaya 350ribu-an, girls. buat yang belum punya alat snorkling, bisa disewa dengan harga 35ribu/set/hari.


Penampakan kapal

- Full snorkling in 4 spots -



Iindonesian coral, save coral, guys


Nemo in indonesian ocean, take picture by me *hore hore hore*

- Lunch, bakar-bakar ikan di pulau tidak berpenghuni, biaya masuk pulau 30-40ribu/pulau




- Last, swimming with the sharks-



Babies shark!!!


Sunset Karimunjawa

Day 3

- Full snorkling in 4 spots -


Finally, i can get photo with patrick, the sea-star. . yeeeey....
coral


nemu nemo bersaudara, yipppiee!!



Taman Nasional Pulau Karimunjawa
Last sunset in Karimunjawa

Day 4

- SAYONARA KARIMUN JAWA!! WE WILL BACK SOOOOOOOOOOOOOON! -




@ovyhuzaima

1 komentar: