MEMBUAT BLOG DENGAN MUDAH

Mungkin banyak temen-temen WAY yang mempunyai hobi menulis. Tidak hanya menulis, tapi juga mungkin mepunyai hobi fotografi, travelling, desain dan grafis, memasak, atau menulis cerpen. Tapi terkadang kita bingung bagaimana cara menyalurkannya. Dulu kita mengenal adanya buku harian untuk catatan pribadi, dimana kita bisa menyalurkan curahan hati atau cerita sehari-hari tentang apa saja yang ingin ditulis. 

Walaupun bagi setiap orang, menulis adalah hal yang membosankan, dalam penilitian ilmu psikologi, yakni dalam jurnal Clinical Psychology, bahwa orang yang memiliki kebiasaan menulis umumnya memiliki kondisi mental lebih sehat dari mereka yang tidak punya kebiasaan tersebut. Lanjutnya, tidak sedikit pasien penderita trauma mengalami kesembuhan setelah menjalani terapi menulis, sehingga dalam beberapa tahun terakhir, menulis dikembangkan menjadi media therapis oleh para psikolog dan psikiater.

Lalu bagaimana cara memulainya? di zaman sekarang ini, banyak cara untuk menyalurkan ide-ide kita dengan cara menulis. Menulis dengan artian yang luas, salah satunya adalah membuat blog. Sebagian besar orang menggunakan media ini sebagai pengganti diary. Layaknya buku, blog mempunyai fitur-fitur menarik seperti ms word juga terdapat berbagai aplikasi menarik untuk disimak. Selain menulis, kita juga bisa mendesain tampilan blog, meng-upload foto dan gambar atau saling berbagi dengan teman sesama blog dengan cara saling 'follow blog' yang kita sukai.

Bagi pemula yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pembuatan blog, simak yang satu ini yaa..



Saya memilih blog google (blogspot) sebagai contoh mudah untuk membuat blog. Sebenernya ada banyak pilihan blog seperti wordpress, blogger, multiply, dll. 

1. Pertama tama, masuk ke www.blogger.com untuk membuat akun gmail.

Akan muncul tampilan seperti ini :


2. Bagi yang memiliki akun gmail, bisa langsung masuk (sign in). Yang belum mempunyai akun gmail, klik ‘create account’ untuk membuat email baru.




4. Lalu klik "new blog" untuk memulai membuat blog baru. Berikutnya kamu diminta untuk mengisi isi "title/judul blog", kemudian memberi alamat "blog/address" dan "template" untuk memulai desain blog. Contoh: http://waymagz.blogspot.com. 



reading list adalah list beberapa blog yang telah kamu follow.
 (sama halnya dengan HOME pada soc media lainnya).

5. Desain atau pilih template yang kamu inginkan. Pilih salah satu template gratis yang disediakan oleh blogspot yang anda suka lalu klik tulisan lanjutkan. Setelah semuanya selesai, maka muncul pesan: Blog anda telah diciptakan



6. Setelah membuat blog pribadi temen-temen bisa langsung mempublikasikan artikel-artikel terbaik agar pembaca atau teman teman dapat menikmatinya pada "new blog/entry baru".




7. Temen-temen bisa langsung mengisi artikel-artikel apapun  pada "body text".
keterangan aplikasi blog berikutnya akan dijelaskan kemudian.

 selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar