10 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN UNTUK MENGATASI MAAG PADA BULAN PUASA

Maag tentunya mengganggu ibadah kita yang biasanya kerap terjadi pada lambung dan daerah ulu hati. Hal ini bisa kita atasi dengan berbagai cara :

1.     Sebelum berpuasa, konsultasikan dengan dokter bila Anda mempunyai masalah lambung. Dokter akan menyarankan boleh tidaknya berpuasa tergantung sebab dan keparahan penyakit.
2.     Asumsi makan sahur dan berbuka yang banyak dengan unsur balas dendam adalah salah. Lakukan berbuka puasa secara bertahap  (tidak langsung makan makanan berat) untuk mengatur ritme pencernaan lambung. Mulailah makan makanan yang manis dahulu seperti kurma dan teh manis. Setelah shalat maghrib, makanlah makanan yang kaya nutrisi dan tidak berlebihan.
3.     Hindari makanan yang mengandung gas dan merangsang  produksi asam lambung seperti kol, sawi, nangka, pisang, durian, kopi dan teh.


4.     Coklat adalah makanan yang lambat dicerna. Untuk sementara, kurangi atau kalau perlu hindari makanan ini.
5.     Soda, cuka, cabe, merica, dan bumbu yang merangsang merupakan makanan yang akan merngiritasi lambung anda.
6.     Hindari merokok, karena selain tidak baik untuk kesehatan, rokok juga dapat merangsang produksi asam lambung
7.     Perbanyak menu pepaya matang dan wortel sebagai menu wajib anda.
8.     Untuk sahur pilihlah menu yang kaya karbohidrat dan serat yang tinggi seperti gandum, biji-bijian, biji, sayuran (Seperti kacang hijau, kacang polong, dan bayam), buah dengan kulit, buah kering (Seperti aprikot kering, buah ara, plum, dan almond)
9.     Sebaiknya tidak langsung tidur setelah sahur untuk mengatasi rasa mual.
10.  Perbanyak minum air putih
11.  Bila maag sudah sangat berat, bisa diantipasi dengan minum obat maag saat sahur dan berbuka. Untuk dosis dan penggunaan obat maag yang sebaiknya dikonsumsi, anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda. Namun untuk pertolongan pertama, anda dapat mengkonsumsi tablet kunyah untuk maag (yang dijual bebas di apotik/ toko) yaitu kunyahlah 1 tablet sebelum anda mulai makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar