INSTAGRAM

Instagram beberapa waktu lalu pernah menjadi trending topic di twitter di Indonesia, terutama di kalangan artis dan komunitas fotografi di Indonesia.  Pernah dengar produk dengan nama yang mirip yaitu telegram? Yang dulu banyak digunakan orang-orang untuk mengirim berita secara cepat.  Instagram ini tidak jauh dari telegram itu sendiri. Mari kita simak penjelasannya.

Instagram terdiri dari kata “Insta” yang berasal dari “Instan” dan “Gram” berasal dari kata “Telegram” yang tadi telah kita sebutkan di atas. Instagram dimaksudkan untuk menampilkan foto secara instan dan  cepat. Namun bedanya instagram adalah aplikasi untuk mengunggah foto melalui jaringan internet sehingga informasi bisa disampaikan secara cepat.

Penemunya adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger yang merupakan CEO dari Burbn, Inc yakni perusahaan yang fokus pada pengembangan teknologi untuk telepon genggam, dimana aplikasi yang mereka buat sudah menjadi fitur-fitur pada iPhone®. Namun untuk teknologi yang hanya fokus pada foto, komentar dan menyukai sebuah foto mereka menamakannya dengan “Instagram”.

Fitur-fitur instagram:
1    1. Kamera
Foto yang diambil melalui aplikasi instagram bisa disimpan di iDevice tersebut. Kamera melalui instagram juga bisa langsung menggunakan efek-efek yang ada untuk mengatur pewarnaan.

2    2. Efek foto
Instagram memiliki 20 efek foto saat penyuntingan, dari X-pro II, Lomo-fi, Toaster, Inkwell, dan lain-lain hingga 4 efek yang terbaru adalah efek  Valencia, Hudson, Amaro dan Rise. Tersedia juga efek untuk menggunakan bingkai-bingkai bahkan ada juga fitur Tilt-shift dalam penyuntingannya. Tilt shift adalah fitur membuat efek menjadi fokus pada suatu titik dan membuat lainnya menjadi buram.

3    4. Arroba
Seperti facebook dan twitter, Instagram juga memiliki fitur untuk menyinggung anggota lainnya dengan menambah tanda arroba (@) dan tidak hanya menyinggung di judul foto namun juga menyinggung di komentar foto untuk bisa berkomunikasi dengan pengguna yang telah disinggung.

4    5. Pengikut (Follower)
Sistem sosial dalam Instagram hampir sama dengan facebook dan twitter yaitu dengan menjadi pengikut (follower) atau diikuti anggota lainnya yang memiliki fitur sama.

5    6. Geotagging
Geotag akan muncul ketika pengguna mengaktifkan GPS di dalam iDevice mereka sehingga memungkinkan untuk mendeteksi dimana pengguna Instagram berada. Geotagging juga membuat pengguna bisa tau di mana mereka mengambil foto tersebut dan di mana foto itu di unggah.

Instagram benar-benar memiliki kecanggihan yang luar biasa dalam menyalurkan kecintaan di dunia fotografi. Instagram memanjakan para komunitas foto dan para pengguna yang hobi mengunggah foto dan mobile dengan gadget mereka. Instagram membuat foto menjadi terlihat luar biasa hanya dengan sebuah aplikasi saja.

Instagram awalnya memang berkembang melalui aplikasi iPhone, secara statistik pada 24 jam pertama setelah diluncurkan, Instagram telah memiliki 25.000 pengguna. Pada minggu ketiga memiliki 300.000 pengguna dan setelah 10 bulan telah memiliki 7 juta pengguna yang telah mengunduh 150 juta foto melalui Instagram. Padahal instagram hanya memiliki 5 orang staff, namun luar biasa hingga saat ini belum ada dilaporkan spam di dalamnya. Instagram memang memiliki peraturan keras tentang larangan mengunduh foto yang berunsur pornografi. Sehingga apabila ada gambar berbau pornnografi bisa langsung berkontak dengan para staff dengan melaporkannya sebagai spam.

Para pengguna secara berkelanjutan saling berhubungan hingga memunculkan banyak komunitas foto di dunia. Komunitas Instagram tersebut dikenal dengan “iGers” dan sampai saat ini sudah ada lebih dari 141 komunitas instagramers di dunia dan termasuk Indonesia. Komunitas instagram di Indonesia bernama iPhonesia, singkatan dari (i)Device, (Pho)tografer, dan Indo(nesia) sebagai komunitas iPhonography pertama terbesar di Indonesia. Komunitas ini berdiri pada 12 januari 2011 lalu. Keberadaan komunitas ini dimaksudkan untuk ajang tukar informasi seputar aplikasi dan editing foto yang sudah memiliki 2300 follower di twitter. Dalam media sosial instagram, lebih dari 800.000 foto telah menggunakan hash-tag iPhonesia (#iPhonesia) sehingga iPhonesia termasuk dalam 5 hash-tag terbesar di dunia.

Seiring dengan perkembangan, instagram telah mengeluarkan versi terbarunya 2.0 dengan tambahan beberapa fitur dan sudah memiliki labih dari 8 juta pengguna di dunia. Namun tidak semua orang bisa memiliki iDevice untuk menggunakan Instagram. Yang tidak memiliki iDevice biasanya menggunakan Android. Di android ada aplikasi yang menyerupai instagram yakni Instaroid” namun pada aplikasi ini pengguna tidak dapat menggunakan kamera melalui instagram. Kevin systrom sendiri sebagai CEO Instagram belum bisa memastikan apakah android bisa menggunakan instagram dikarenakan keterbatasan tim mereka yang hanya beberapa orang staff.

Dulunya Instagram bisa digunakan di berbagai media soial seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, Flickr dan juga Posterious. Namun twitter menghilang dari instagram setelah perusahaan tersebut diakuisisi facebook pada 9 april 2012 atau sekitar 1 bulan yang lalu dengan nilai fantastis yakni $ 1 milliar (9 Trilliun Rupiah). Menghilangnya twitter dari Instagram diperkirakan karena keinginannya untuk mengakuisisi instagram kandas. Meski mengeluarkan dana besar, proses negosiasi akuisisi pembelian instagram ini hanya butuh waktu 48 jam oleh pemilik facebook yaitu Zuckerberg untuk menyelesaikannya. Seperti diberitakan di The new york Times, sang CEO facebook Mark Zuckerberg turun langsung dalam negosiasi tersebut dan bekerja cepat sebelum harga Instagram makin tinggi.

Untuk anda semua yang sering eksis di dunia maya, yang sering mengunggah foto ataupun yang memiliki hobi fotografi, sudahkah anda mencoba aplikasi ini? Dan anda bisa merasakan segala kecanggihan aplikasi terbaru ini.


Sumber : id.wikipedia.org/wiki/instagram ; www.kompas.com ; facebook”Facebook to acquire android” 9 april 2012 ; admin”support center”Instagram 25 september 2011 ; Suara Pembaruan “iPhonesia, Komunitas Fotografi Penggemar apple gadget” 25 september 2011.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar