Khasiat Aneka Jus Buah untuk Wanita


Banyak yang menganggap bahwa yang sehat itu biasanya adalah sesuatu yang tidak enak dan yang enak itu biasanya tidak sehat. Padahal, sebenarnya kita bisa saja tetap mengkonsumsi sesuatu yang enak sekaligus sehat. Mengkonsumsi jus buah misalnya. Banyak sekali jus buah yang enak dan segar yang ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh kita. Karena ingin mengetahui lebih banyak lagi manfaat dari jus buah (khususnya untuk kita – para wanita) saya pun mencoba mencari beberapa referensi menjadi :




·         Untuk Kesehatan Wanita

Bagi para wanita yang sering mengalami masalah pada saat haid, ada beberapa pilihan jus yang bisa dikonsumsi selama haid. Misalnya jus wortel (bagi sebagian orang, wortel dikelompokkan ke dalam buah-buahan) yang dipercaya dapat mengurangi nyeri pada saat haid, jus semangka yang dipercaya dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan saat menstruasi, atau jus mangga yang dipercaya dapat mengurangi dehidrasi serta memperlancar sirkulasi darah.

Jus lainnya yang juga bermanfaat untuk kesehatan wanita adalah jus buah delima. Menurut studi yang dilakukan oleh Queen Margaret University di Edinburgh, jus delima dapat meningkatkan hormon testoteron yang dapat meningkatkan hasrat seksual. Selain itu jus ini juga dipercaya dapat memperbaiki mood, meningkatkan memori serta meredakan stres.

Beberapa buah-buahan pada jus lainnya juga mampu mengurangi resiko kanker pada wanita. Jus nanas misalnya, enzim bromelain pada nanas dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dipercaya dapat mencegah penyakit kanker payudara. Tak hanya jus nanas,  jus strawberry yang mengandung antioksidan juga dipercaya mampu menurunkan resiko kanker payudara serta kanker leher rahim pada wanita.

Vitamin C yang terkandung pada kebanyakan jus buah memiliki banyak sekali manfaat pada wanita, mulai dari sumber ptotein hingga mampu mengobati inveksi vagina. Karena buah-buahan pada jus juga banyak mengandung vitamin-vitamin lain seperti A, E dan B, maka jus buah juga memiliki khasiat dari masing-masing vitamin tersebut seperti menjaga kesehatan mata, memperkuat tulang dan gigi, hingga mencegah dan mengurangi masalah pada reproduksi wanita. Antioksidannya juga dipercaya dapat mengurangi resiko kanker, meningkatkan imun tubuh, serta mampu melawan radikal bebas.

Untuk Kecantikan Wanita

- Vitamin C yang dikandung oleh jus buah mengandung protein kolagen yang bagus untuk nutrisi kulit. 
Jus yang buah-buahannya mengandung kadar vitamin C yang tinggi biasanya bisa berkhasiat mencerahkan, membuat kulit menjadi elastis, tidak mudah kusam dan tidak mudah kering sehingga mampu menghindari penuaan dini. Jus buah yang memiliki kandungan vitamin C ini  diantaranya jus jeruk, lemon, sirsak, wortel dan juga jambu merah. Selain itu, air dan ampas pada jus buah juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah yang kebanyakan juga memberikan efek mencerahkan, mengencangkan, menghilangkan flek serta melembabkan kulit wajah.




 - Untuk yang sedang menjalani program diet. 
Ada beberapa jus buah yang bisa memberikan efek kenyang sehingga dapat menunda lapar. Jus yang memiliki khasiat seperti ini biasanya mengandung kadar air tinggi, namun memiliki kadar gula dan lemak yang rendah. Seperti jus apel atau semangka misalnya. Sedangkan jus alpukat justru baik dikonsumsi untuk yang sedang menjalankan program peningkatan berat badan. Ini karena alpukat mengandung lemak yang dapat membantu bertambahnya berat badan.

- Memiliki manfaat yang berhubungan dengan jerawat. 
Seperti jus semangka yang mampu mengatasi minyak pada wajah, jus bluberi yang memiliki antioksidan yang sangat banyak namun memiliki angka gylceric yang rendah sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat, jus alpukat yang dipercaya dapat meredakan peradangan serta pembengkakan pada jerawat, dan juga jus lemon yang asam sitrat dipercaya efektif menghilangkan jerawat pada wajah.


Untuk Ibu Hamil

Jus buah juga kaya manfaat untuk ibu hamil. Misalnya seperti jus semangka yang mengandung asam folat yang tinggi yang sangat dibutuhkan janin yang dikandung oleh ibu hamil. Sedangkan bagi ibu hamil penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka juga dapat menjaga meningkatnya gula darah. Selain pada jus semangka, asam folat juga dikandung di dalam strawberry.

Untuk menambah energi ibu hamil, ada jus wortel yang dipercaya mampu memberikan energi instan jika ibu hamil mengalami letih lesu, mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil yang memiliki diabetes, mencegah darah tinggi serta pre-eklampsia. Jus alpukat juga berkhasiat sebagai penambah energi pada ibu hamil karena kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya. Selain itu jus ini juga mampu mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi. Selain jus wortel dan alpukat, ada jus kelengkeng yang juga baik untuk memenuhi kebutuhan energi ibu hamil yang lemah atau setelah melahirkan, selain itu jus ini juga dapat menambah nafsu makan serta mencegah anemia.


Sedangkan jus melon dipercaya berkhasiat membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil khususnya pada kehamilan tri semester pertama. Jus ini juga dipercaya membantu perkembangan otak, otot, penglihatan, serta sistem imun pada janin. Untuk ibu hamil yang kerap mengeluhkan sembelit, ada jus pepaya yang mampu melancarkan buang air besar. Lalu ada jus buah delima yang dipercaya mampu mengurangi resiko luka otak pada janin (Hypoxic ischemik).


Ternyata banyak sekali ya aneka jus buah yang bermanfaat untuk para wanita..? Namun jangan lupa, agar khasiatnya bisa didapat lebih maksimal dan efektif, konsumsilah jus buah secara rutin dan teratur, jangan berlebihan. Lalu seimbangkan juga dengan mengkonsumsi sumber makanan dan minuman sehat lainnya. Selain itu terapkan juga pola hidup sehat dengan tidur yang cukup dan teratur, hindari stres dan hindari mengkonsumsi alkohol, narkoba, rokok, serta rutin berolahraga. Ini bisa jadi “investasi” untuk tetap sehat di masa mendatang, kan..?! ;)


@nieke

2 komentar:

  1. mau hidup sehat dengan jus? ini tips nya ampuh banget :)

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak untuk pembahasannya ini sangat membantu

    http://herbalkuacemaxs.com/pengobatan-herbal-kanker-serviks/

    BalasHapus